VIRUS CORONA

Sahabat yang budiman dan dirahmati oleh Allah SWT.

Akhir-akhir ini dunia sedang diguncang oleh virus Corona yang meresahkan banyak pihak dan cukup berdampak banyak pada berbagai sektor kehidupan.

Adanya virus corona ini membuat kita panik dan rasanya ingin melindungi diri dengan sebaik-baiknya.

Namun, apakah ikhtiar yang penuh ini juga akan kita lakukan seandainya yang akan kita hadapi adalah kematian atau kiamat?

Seandainya Allah tunjukkan besok akan datang hari akhir, apakah kita akan mempersiapkan amalan kita sebaik-baiknya untuk dibawa kea lam kubur? Sebagaimana kita berikhtiar sekuat tenaga untuk melindungi diri dari virus corona ini.

Mempersiapkan kematian tentu sangat baik untuk dilakukan, bisa menabung amalan baik supaya kelak di Yaumul Hisab, timbangan kita berat pada kebaikan. Kita juga bisa mempersiapkan perlengkapan untuk meninggalnya kita, seperti kain kafan, tikar, dan peralatan lainnya untuk memandikan jenazah.

Hikmah lainnya yang bisa dipetik adalah memang sudah seharusnya kita senantiasa menjaga wudhu. World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk cuci tangan sesering mungkin. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan cara menjaga wudhu.

Masyarakat dunia kini mulai sadar untuk tidak berjabat tangan saat bertemu. Ada yang menerapkan salam ‘namaste’ yakni dengan menempelkan kedua telapak tangan di depan dada, ada yang bersalaman dengan kaki, dan berbagai cara lainnya.

Bukankah islam sudah lebih dulu mengajarkan, terutama kepada perempuan, untuk tidak berjabat tangan dengan yang bukan mahramnya?

Mungkin ini adalah cara Allah untuk menegur kita agar lebih bisa menjaga diri sesuai syari’atnya.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan taufik dan hidayahnya kepada kita semua. Aamiin.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.